Resep Martabak Manis Pake Teflon, Menul Menul dan Berserat Meskipun Sudah Dingin

;
Martabak manis atau asin adalah makanan favorit orang Indonesia yang sangat mudah dicari, semudah mencari pedagang pecel lele dan nasi goreng. Toping dan harga nya pun beragam, dari Rp. 14.000 an sampai Rp. 100.000 lebih. Dari mulai toping sederhana, seperti coklat susu sampai toping coklat Toblerone. Bahkan ada juga yang kreatif menjual martabak 8 rasa.

Ada kalanya dimana kita ingin makan martabak manis tetapi malas ke luar rumah atau di luar sedang turun hujan lebat. Alternatifnya, bunda bisa pergi ke dapur dan membuat sendiri martabak kesukaan bunda.Dengan resep ini bunda ga usah khawatir karena gak punya loyang khusus martabak. Bunda tetap bisa membuat martabak sendiri dengan menggunakan teflon.



Bahan-bahan
  • 100 gram Tepung Segitiga Biru
  • 1 sdm Tepung Tapioka (nggak usah munjung)
  • 1 sdm Gula Pasir
  • 1 sdm SKM putih
  • 3/4 sdt peres Fermipan
  • 1 sdt Margarin (lelehkan)
  • 1 butir Telur Ayam
  • 1/3 sdt Baking Powder
  • 1/3 sdt Soda Kue

Isian:
  • Secukupnya Meises,Gula Pasir,Keju,SKM


Cara membuat:
  1. Tambahkan Tepung Tapioka ke dalam wadah yang sudah berisi Terigu. Aduk
  2. Masukkan Gula Pasir, SKM, Fermipan dan secukupnya air hangat. Saya sekitar 120ml. Aduk2 sampai merata.
  3. Hasilnya berupa adonan kental. Kental ya jangan encer. Setelah itu tutup dengan kain lap bersih. Diamkan 1 jam.
  4. Setelah 1 jam adonan akan mengembang dan bergelembung-gelembung seperti ini
  5. Lelehkan margarin, sisihkan. Masukkan sebutir telur, aduk rata.
  6. Masukkan margarin lelehnya
  7. Masukkan Baking Powder, Soda Kue dalam wadah kecil, tambahkan 1sdt air. Aduk rata lalu masukkan ke adonan. Aduk aduk terus. Sambil mulai panaskan teflon ya
  8. Saya pakai teflon diameter 18cm. Satu adonan ini bisa untuk 3x tuang. Sekali masak dipotong 2. Jadi satu adonan jadi 6buah Martabak Manis. Ketebalan sedang, nggak tipis banget tapi juga nggak setebel martabak bangka pinggir jalan ya.
  9. Adonan yang sudah diaduk merata tadi, tuangkan 1/3nya ke dalam teflon. Gunakan api sedang cenderung kecil. Pegang gagang teflonnya, jungkirkan sedikit ke depan, pinggir, belakang sehingga hasilnya ada pinggiran tipis khas martabak manis.
  10. Nah kalo permukaan martabak udah agak kering dan berlubang-lubang begini, taburkan gula pasir secara merata.
  11. Setelah itu tutup teflonnya. Gunakan api keciiiiil. Biarkan 1-2menit. Lalu angkat
  12. Letakkan di talenan. Kucuri dengan susu kental manis secukupnya.
  13. Taburi meises dan keju.
  14. Lipat, olesi dua sisinya dengan sedikit margarin. Potong 2. Jadi deh Martabak Manisnya. Menul2 dan berserat.
  15. Sembari memberi topping, lanjutkan untuk memasak martabak berikutnya. Jika ingin martabak yang tebal, 1 resep cukup dibagi 2x masak. Bisa juga langsung sekali masak kalo punya teflon diameter besar


Selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Martabak Manis Pake Teflon, Menul Menul dan Berserat Meskipun Sudah Dingin"

Posting Komentar